Selasa, 03 Juni 2014

ARIYANTI

Bandung, 6 Desember 2012
Assalamualaikum Wr. Wb.
Selamat pagi dan Salam sejahtera bagi kita semua

Yang saya hormati :
Ketua Yayasan Pendidikan Ariyanti,
Direktur dan para pimpinan serta seluruh civitas Akademika  Akademi Sekretaris dan Manajemen Ariyanti,

Direktur dan para pimpinan seluruh civitas Akademika Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Ariyanti
Adik-adik  Wisudawan dan Wisudawati yang  saya banggakan,
Serta hadirin para undangan yang berbahagia.

Pertama-tama mari kita panjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmatNya, memberikan kesehatan dan waktu terbaik, hingga kita bisa hadir bersama di sini, di acara istimewa ini, yaitu acara Wisuda XIII ASM Ariyanti dan Wisuda XXX LPP Ariyanti. Tak lupa kita sampaikan solawat & salam untuk junjungan kita tercinta, Nabi Muhammad SAW yang sudah menjadi suri tauladan bagi kita semua.

Kedua,  rasa terima kasih saya yang tak terhingga kepada almamater tercinta saya, LPP Ariyanti, juga pimpinan LPP Ariyanti, dalam hal ini Ibu Dewi  Irawati  yang sudah mengundang saya hadir di sini,  berdiri di sini, untuk memberikan sedikit kata sebagai  perwakilan dari alumni.  Semoga apa yang saya sampaikan ini akan membawa manfaat bagi kita semua. Amiin.

Selanjutnya, ijinkan saya memperkenalkan diri saya, Nama saya IDA WIDYASTUTI,  alumni LPP Ariyanti tahun 1999, Program Pelatihan Pariwisata Perhotelan.   LPP Ariyanti, menempati ruang khusus dalam hati saya, dalam hidup saya. Walaupun perkenalan kami terjadi tanpa sengaja, namun tetaplah bermakna dan istimewa. Bahkan bisa dikatakan bahwa LPP Ariyanti adalah langkah awal saya untuk mendukung pilihan saya sebagai seorang entrepreneur .  LPP Ariyanti, memberi banyak  pelajaran untuk perkembangan pribadi saya pada masa itu dan hingga kini. Personality, hospitality, negotiate,….adalah beberapa hal penting yang saya dapatkan dari LPP Ariyanti dan sangat berguna di kemudian hari dalam pengembangan diri saya, dan bisnis yang saya geluti.  Yang ingin saya sampaikan disini adalah, singkatnya waktu belajar  bukanlah suatu halangan bagi kita untuk lebih maju, walaupun saya hanya 1 tahun belajar  di LPP Ariyanti, namun ilmu yang kita dapatkan bisa kita kembangkan lebih luas lagi,  yaitu dengan mengaplikasikan secara nyata di dunia kerja.

LEARNING BY DOING,  dan tidak mudah berpuas diri dengan apa yang telah kita dapatkan. Keberhasilan kita saat ini dan di masa mendatang bukan bergantung pada orang lain, namun pada diri kita sendiri,  sejauh mana kita bisa mengembangkan diri dan menangkap setiap peluang yang ada , lalu menjadikannya menjadi sesuatu yang menghasilkan dan bermanfaat bagi orang lain.

Saat ini, dibawah bendera Roemah Snack Mekarsari,  dengan total karyawan sekitar 160 orang baik yang ada di produksi dan distribusi, saya konsen di bisnis makanan ringan, tepatnya di camilan tradisional. Khususnya di produk olahan yang berbahan baku pisang.  Pisang Agung, salah satu andalan kami , yang kita tanam dengan sistem plasma inti dengan para petani di daerah Trenggalek dan Tulungagung.

Saat ini petani yang tergabung dalam Kelompok Tani Mitra Mekarsari sekitar 300 orang, dengan lahan sekitar 300 hektar.  Kripik Pisang Agung dg berbagai rasa dan Opak Pisang, adalah produk andalan dari Mekarsari. Yang saat ini sudah bisa diterima dengan baik di pasar lokal, dan luar negeri. sekarang kami sedang mempersiapkan permintaan dari Timur Tengah. Selain itu, saya juga banyak bekerja sama dengan IKM dari berbagai daerah mulai dari Jabar, Jateng dan Jatim.

Berbagai produk dari mereka kita tampung di Roemah Snack Mekarsari dan juga distribusikan ke seluruh wilayah pemasaran Mekarsari, terutama di Jawa dan Indonesia bagian timur. Pasar eksport sudah berjalan, dengan  aktif mengikuti pameran di luar negeri saya berharap akan lebih bisa maksimal  lagi.  Roemah Snack Mekarsari berpusat di Sidoarjo, memiliki cabang di Bali, dan Krian. Atas usaha saya ini, ….. prestasi saya peroleh, diantaranya      :
  1. PIN (Perempuan Inspiratif Nova 2011) dari tabloid Nova
  2. 100 wanita pengusaha 2012 pilihan Majalah bisnis SWA
  3. Juara 1, Wanita Wira Usaha Mandiri 2012, dari majalah Femina
  4. Special  Awards Green Entrepreneur 2012, dari majalah Femina
  5. The  Winner of Winning Women Entrepreneur 2012 , dari Ernst and Young Entrepreneur
  6. Juara 1 Pangan Awards 2012, dari  Menteri Perdagangan RI
  7. Special Awards Inovasi Olahan Buah Tropis Indonesia 2012, dari Menteri  Perdagangan RI
  8. Juara 1 Wanita Pengusaha Berprestasi Nasional 2012, dari DPP IWAPI jakarta.
Penghargaan bukanlah tujuan akhir saya berkarya, itu hanya efek samping dari apa yang kita kerjakan.  Ada tak ada penghargaan, kita harus tetap berkarya. FROM NOTHING TO SOMETHING…..janganlah berkecil hati,  walaupun berangkat dari keadaan yang sangat terbataspun kita bisa berkarya dan berbuat banyak hal yg berguna bagi orang lain.

Seiring dengan berkembangnya waktu, karena hobi travelling saya, saya juga mengembangkan usaha di bidang Tours and Travel, dengan nama PT. Mekarsari Mustika Raya , yang berpusat di Sidoarjo juga.  Yang terbaru, beberapa bulan lalu saya menangkap peluang di bidang jasa kurir dan ekspedisi, kemudian saya mendirikan perusahaan baru dengan nama PT. Genta Buana Pinastika, yang  juga berpusat di Sidoarjo.  Lagi-lagi ilmu yang saya dapatkan dari LPP Ariyanti bermanfaat.

Memulai suatu usaha memang bukanlah sesuatu yang mudah, perlu suatu keberanian dan tekad yang kuat . pun begitu bukanlah sesuatu yang susah, karena selalu ada jalan bagi kita yang  mau berusaha. Memulai dari hal yg kita senangi, dan tidak malu untuk memulai dari hal yang kecil dan ada di sekitar kita, adalah sedikit tips bagi Adik2 untuk menentukan langkah ke depan.
Banyak pilihan yang bisa diambil sebagai aktualisasi diri kita agar ilmu yg kita dapatkan bermanfaat , antara lain :
  1. Menjadi tenaga profesional  sesuai  keahlian kita
  2. Menjadi  seorang Entrepeneur
Kedua-duanya adalah pilihan yang baik dan bijaksana.  Ketika kita belum mampu berdiri sendiri, maka pilihan sebagai tenaga profesional adalah yang terbaik.  Dengan bergabung bersama perusahaan besar akan membuat kita bisa lebih banyak belajar dan menerapkan ilmu yang kita dapatkan.

Timbalah ilmu sebanyak-banyaknya saat itu, untuk kemudian kita jadikan bekal  pendukung di kemudian hari  ketika kita akan memutuskan untuk memilih pilihan kedua, yaitu  sebagai seorang  ENTREPRENUER.  Dan saya melewati fase-fase tersebut.

Saya  sendiri memilih menjadi seorang entrepeneur, setelah melewati target waktu yang saya tentukan sebagai profesional selama 5 tahun.  Bukanlah sesuatu yang instant hingga saya bisa menjadi seperti ini. Saya memulainya dari kecil, tumbuh lalu berkembang dan menghasilkan melalui suatu perjalanan panjang dan perjuangan yang sangat keras. Jatuh bangun dalam menjalankan usaha adalah suatu pelajaran berharga bagi saya.   Keberanian dan kecepatan mengambil keputusan adalah langkah penting untuk maju . Tentukan target dan tujuan dengan jelas agar tidak banyak waktu yang terbuang sia-sia.

Kita adalah keluarga besar LPP Ariyanti, kita berkewajiban menjaga nama baik almamater kita tercinta ini. Mari kita tunjukkan pada dunia bahwa kita bisa menjadi orang hebat. TIDAK HARUS JADI ORANG BESAR UNTUK MENJADI ORANG HEBAT.  Apa yang sudah kita pelajari, mari kita pupuk dan kembangkan. Jadilah pribadi yang penuh ide dan berdaya saing kuat, kreatif dan inovatif di semua bidang yang kita pilih karena persaingan makin berat ke depan. Jangan mudah berpuas diri, terus belajar dari siapapun. EVERYONE IS A TEACHER….siapapun itu. BERKARYA DAN BEKERJA DENGAN HATI, tidak menghalalkan semua cara untuk mencapai tujuan.  Jangan lupa, kita jaga komunikasi dengan almamater, agar ke depan kita mempunyai suatu keluarga besar yang solid dan patut dibanggakan.

Sebuah falsafah jawa mengatakan :
“URIP IKU URUP”, hidup itu harus berguna bagi orang lain.
Dan seuntai kalimat dari Eyang saya, yg selalu menjadi motivasi bagi saya :
berbuat baiklah semampumu, dan jangan menuntut balas dari siapapun, sekalipun dari Tuhan.”

Keterbatasan waktu membuat  saya harus mencukupkan kata-kata saya ini.  Satu kalimat definisi SUKSES menurut saya akan menutup sambutan saya.

“SUCCESS is not about how many money you can get, not about how many property you can collect, it’s  about how many peoples you can bring from meaningless to be meaningfull.”

Tak ada gading yang tak retak, mohon maaf jika ada kata yang kurang berkenan dalam penyampaian, semoga kita bisa bertemu di kesempatan lain.

Billaihi taufik wahhidayah
Wassalamu’alaikum Wr. Wb
Ida Widyastuti

*Repost dari Web Ariyanti

0 komentar:

Posting Komentar