Senin, 15 Desember 2014

EVERYDAY IS MOTHER DAY....

Bagiku....tiap hari adalah hari ibu.
Ibuku meninggal saat melahirkan aku. Aku tidak pernah melihat wajahnya. Satu2nya foto lusuh itu aku temukan, yaitu foto keluarga. Lalu aku merepronya. Begitulah aku mengenal ibuku. Hanya itu. Tak seorangpun mengatakan tentang keberadaannya sejak aku kecil. Semua seperti mimpi.
Sejak kecil aku sering dibully teman2 sekolah karena tidak punya ibu. Aku diasuh oleh si Mbah yg sehari2 kupanggil EMAK .Tak jarang aku balik pulang dan tidak sekolah karena hal ini.
Aku punya kebiasaan unik masa kecil, sejak kelas 1 SD aku suka sekali pergi ke area pemakaman desa kalo jam istirahat sekolah tiba. Disaat teman2ku jajan es dll, aku lebih suka menyendiri di pemakaman desa, sambil memunguti buah  asam yang berjatuhan lalu mamakannya. Dentang bel sekolah tanda masuk kadang tak terdengar.
SMP....SMA.....karena tdk mampu, aku pun tdk meneruskan kuliah. Aku pergi ke Batam untuk bekerja.....
Hidupku tanpa IBU sungguh sangat berat. Betapa saat2 itu hingga kini aku selalu merindukan Beliau. Yaaa....tapi semua ini indah. Aku baru tahu bahwa salah satu batu nisan di bawah pohon asam itu adalah makam Ibuku, setelah aku menikah.
Yaaaah....begitulah hidup. Tanpa Ibu...memang berat. Tapi Tuhan membuat cerita lain dibalik semua ini. Aku jadi belajar lbh mandiri, berjuang keras membuatku jadi pribadi yg kuat dan tidak pantang menyerah. Kesendirian membuatku banyak belajar ilmu hidup dan mengasah kepekaan terhadap sesama. Hidup dalam kekurangan membuatku belajar menyesuaikan diri dan ikhlas. Banyak hal yg bisa aku dapatkan. Tuhan mempersiapkanku menjadi orang yang kuat untuk memikul tanggung jawab lebih besar ternyata, begitu aku akhirnya meyakininya.
Tanpa Ibu.....bukan berarti harus meratapinya tiap hari. menyambangi makam Ibuku adalah rutinitasku. Saat itulah aku berkomunikasi dg Beliau. Lewat doa....semua bisa terjaga. Komunikasi ini begitu indah. Aku meyakininya....walaupun Beliau tidak ada lagi di dunia....tapi Beliau masih berperan mengasuhku lewat wilayah metafisik. Sulit dimengerti memang bagi yang tidak memahaminya. Tapi begitulah adanya.
Aku merasa sungguh beruntung...karena Tuhan mempercayakan jalan hidup luar biasa ini padaku. Dengan kasihNya....Dia tetap memberikan kesempatan pada Ibuku untuk selalu bersamaku. KASIH IBU SEPANJANG MASA....
So...bagiku...everyday is mother's day....
Tiap hari adalah spesial untuk Ibuku.
MOM....I LOVE YOU AND MISS YOU SO MUCH.....FROM DEEPEST OF MY HEART..

Buku ini aku persembahkan untuk IBUKU....IBU MUSYAROFAH....yg meninggal saat melahirkanku....

IW, 21 Des 2014

0 komentar:

Posting Komentar