Kamis, 18 Desember 2014

SELAMAT HARI NATAL.......

Sebuah ungkapan selamat kepada saudara2 kita yang beragama Nasrani. Hingga kini dan dari dulu masih menjadi polemik buat umat Islam sendiri. Perbedaan pendapat itu sendiri ditunjukkan oleh pendapat beberapa tokoh diantaranya Ustad Yusuf Mansyur  (YM) dan KH. Hasyim Muzadi (HM)
Ustad YM dengan pendapatnya yg tidak memperbolehkan kita mengucapkan selamat pada umat Nasrani dengan berbagai dalil yg dikemukakan. Sedangkan KH. HM cenderung berpendapat yang lebih adem yaitu diperbolehkan asal tidak ikut meyakini ajaran dan ikut beribadah. Saya kira KH. HM lebih "lunak" dan bertoleransi, dan lebih dewasa, maaf tanpa bermaksud merendahkan Ustad YM. Ustad Felix siao yg muda dan fanatismenya juga berpendapat keras sehingga timbul selisih pendapat yg agak keras dg Mas Ulil A Absara , mantu Gus Bisri dari Rembang yang dikenal dengan Islam liberalnya. Lebih jauh lagi Quraish Sihab yang kenyang pendidikan agama di Mesir juga berpendapat agak lunak. Bahkan Beliau menceritakan pemuka agama Islam di sana saling mengunjungi ketika natal tiba. Semua itu tergantung niatnya. Hmmm....sementara kita beradu argumentasi ttg hal ini, saudara kita yg Nasrani ketawa2....sambil berkata..."gua kagak butuh juga ucapan selamat dari elo. Tanpa ucapan dari elo gua tetep natalan kok. Yeeee....". Nah..lhoooh....
Mempertahankan suatu pendapat memang penting, namun alangkah bijaknya tidak gebyah uyah kalo orang jawa bilang. Kekeuh mempertahankan kebenaran tentu akan terlontar sejauh mana  batas kebenaran yang dia ketahui. Tanpa kita mau menyadari sejauh dan sebesar mana kebenaran lain yang tidak atau belum kita ketahui. Betapa egoisnya kita jika itu terjadi.
Lebih jauh lagi ....bukankan semua ilmu adalah datangnya dari Tuhan. Semua yang terjadi dan ada di dunia ini atas ijinNya. Jadi buat apa bersitegang dengan hal2 perbedaan. Tuhan dg kuasaNya menciptakan keanekaragaman di dunia ini agar hidup ini penuh warna dan saling melengkapi. Bukan saling menyakiti. Esensi hidup itu sendiri adalah berbuat baik dan bermanfaat. Simple kan. Berdamailah dengan dunia maka Tuhanpun akan membuat kita bahagia.
Menyitir Gus Dur.....gitu aja kok repooooot.

SELAMAT HARI NATAL....TUHAN MEMBERKATI DENGAN KASIHNYA.....
DAMAI DI DUNIA....DAMAILAH SEMESTA RAYA.....

IW 25 Des 2014

0 komentar:

Posting Komentar